Aku tak pernah takut dengan kesendirian karena aku memiliki sahabat taat dalam Istiqomahku

Aku tak pernah takut dengan kesendirian karena aku memiliki sahabat taat dalam Istiqomahku
Aku tak pernah takut dengan kesendirian karena aku memiliki sahabat taat dalam Istiqomahku

Minggu, 02 Juni 2019

Saudah binti Zamah Dapatkan Izin dari Tujuh Lapis Langit



Kamu tau catcalling, gak?

Cewek, kiw kiw!
Assalamuaalaikum, Bu Hajiiii.

Ya, kalau ada yang salam jawab aja, 'waalaikumussalam'. Apa lagi kalau dipanggil 'Bu Haji' mah diamini, itu jadi doa, lho! Hehehe

Tapi kasian kalau perempuan yang keluar sendirian apa lagi malam-malam gitu kan, terus ada cowok pada iseng manggil manggil. Kalau cuma omongan sih masih bisa  tahan tahan, ya. Tapi, kalau udah ngedeketin terus coel coel, wah itu keterlalun, sih.

Kira kira kenapa ya masih ada yang melakukan pelecehan kayak gitu?
Pelecehan?
Cuma digoda gitu aja emang masuk pelecehan, ya?

Iya, itu salah satu contoh pelecehan di tempat umum.

Lagi-lagi persoalan kesetaraan gender, lho. Karena kebanyakan yang dapat catcalling itu perempuan. Perempuan dianggap lemah jadi bisa dipermainkan seenaknya.

Coba kalau laki laki punya perspektif kalau perempuan tidak lemah. Pasti si laki-laki juga gak akan tuh melakukan hal tersebut. Ditambah lagi perempuan dianggap hanya 'alat pemuas'. Nauzubillah.

Terus, perempuan gak boleh keluar rumah gitu, karena takut dilecehkan?
Kasian kalau perempuan keluar rumah angin malam jahat?
Kalau angin malam jahat mengganggu kesehatan, berarti laki laki juga donk!

Sebenarnya, ada yang perlu diperbaiki nih kondisi atau pandangan di Masyarakat. Kalau saja stereotip itu hilang, perempuan dapat dengan bebas keluar rumah tanpa takut gangguan apapun. Begitu juga laki laki tidak akan merasa sangat terbebani karena harus berdikari di luar rumah. Laki laki dan perempuan bisa melakukan aktivitas di luar rumah. Semoga Allah menjaga kita dari segala fitnah.

Emang boleh perempuan keluar rumah?

Nih, ada cerita dari Ibunda Saudah binti Zam'ah yang mendapatkan izin dari tujuh lapis langit. Beliau adalah istri Nabi Muhammad setelah beliau ditinggal pergi oleh Khadijah.

Saudah adalah janda dari Sakr bin Amr yang syahid di Habsyah, kemudian ia menjadi istri pertama setelah kepergian Bunda Khadijah.

Istri Nabi yang termasuk perempuan pertama yang masuk Islam ini mengikuti hijrah ke Habsyah dan Madinah. Dengan kekuatannya, ia merasakan pahit getir perjuangan agama dan menyebarkan risalah nabi ke seluruh pelosok dunia.

Saudah adalah istri yang selalu berusaha untuk memberikah kebahagiaan kepada Nabi. Bahkan, ia memberikan jatah hariannya bersama Rasul kepada Aisyah yang dinikahi Rasulullah setelah 3 tahun pernikahan bersama Saudah.

Saudah memiliki kekuatan luar biasa. Ia berusaha sekuat kuatnya untuk taat kepada Rasulullah. Perempuan yang sangat dermawan dan murah hati. Ia tidak pernah tersilaukan dengan kemegahan dunia. Setiap kali ia mendapatkan harta, maka ia mengutamakan orang-orang yang ada di sekitarnya karena ia sangat mendambakan kenikmatan abadi di sisi Allah.

Suatu hari Saudah dirundung masalah yang sangat memberatkan dirinya. Malam hari, ia keluar rumah untuk menemui Nabi. Kemudian sesampainya di rumah Aisyah, Allah menurunkan Wahyu untuk membenarkan tindakan Saudah pergi dari rumah untuk suatu keperluan (Muttafaq Ilaih).

Nah, kisah Bunda Saudah sudah jelas terbukti bahwa perempuan dibolehkan untuk keluar rumah asal ada tujuan yang jelas.

Jangan sampai, karena perempuan dibolehkan keluar rumah jadi kesempatan buat nongkrong-nongkrong. Eh, laki laki juga jangan sampai,sih di luar rumah menghabiskan waktu cuma cuma.

Pelajaran ini untuk kita semua terutama perempuan yang masih dianggap riskan jika memutuskan untuk keluar rumah malam hari.Jadi tolong, kita harus saling menghargai, ya hehehe.

Karena aku pernah takut waktu masih di jalan malam malam naik kereta. Takut diganggu. Kalau semua orang punya pemahaman yang sama soal kesetaran antara laki-laki dan perempuan, in syaa Allah pelecehan seksual akan berkurang.

Semoga Allah melindungi kita dari kejahatan terlihat atau tersembunyi. Barakallahu Fiikum!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar