Aku tak pernah takut dengan kesendirian karena aku memiliki sahabat taat dalam Istiqomahku

Aku tak pernah takut dengan kesendirian karena aku memiliki sahabat taat dalam Istiqomahku
Aku tak pernah takut dengan kesendirian karena aku memiliki sahabat taat dalam Istiqomahku

Minggu, 17 Maret 2019

Review Buku 'Love Your Life' (Lebih Memahami Perilaku Merokok)



Judul Buku : Love Your Life
Penulis : Fuad Baradja
Tahun Terbit : 2017
Penerbit : Pro-U Media, Yogyakarta
Jumlah Halaman : 344 Halaman
ISBN : 978-60207820-66-1

Alhamdulillah aku sudah membaca buku Love Your Life karya Bapak Fuad Baradja. Hampir semua ceritanya adalah kisah nyata yang beliau tulis sebagai pegiat kemanusiaan. Beliau memiliki klinik terapi berhenti merokok 'New Life', membantu orang-orang yang memiliki keinginan untuk berhenti merokok dengan berbagai metode.

Dari pengalamannya berinteraksi dengan para pasien, beliau mampu menulis buku yang sangat menyentuh. Bahkan setiap judul dari buku  punya makna mendalam. Bagaimana tidak, beliau berhadapan dengan para korban rokok yang punya keluhan macam-macam.

Dengan membaca buku ini aku merasa ada perubahan dalam diriku, yaitu lebih 'manusiawi' memandang perokok. Lebih manusiawi? Iya, karena sebelumnya aku sering mengutuk para perokok hanya dalam hati saja, tanpa adanya langkah preventif yang bisa aku lakukan. Kenapa? Karena aku sebagai orang yang memiliki hak untuk menghirup udara sehat tanpa polusi asap rokok.

Apa yang aku lakukanpun sesungguhnya adalah rasa peduli terhadap perokok; korban industri rokok. Yang sudah aku lakukan setelah baca buku ini adalah menegur orang yang merokok di dalam kendaraan umum.Mungkin karena baru banget selesai baca, ya jadi emosinya sedang dipenuhi bacaan kisah-kisah nyata yang ditulis dengan hati oleh Bapak Fuad Baraja.

Beberapa kali rasanya ingin mengeluarkan air mata. Tulisan yang mengiris  hati. Tentang cinta seorang ayah kepada anaknya. Ia menulis surat cinta agar anaknya berhenti merokok.

Ada pula kisah tentang seorang ayah yang sangat menyesela dengan kepergian anaknya karena mencium nikotin yang menempel di bajunya.

Ada pula tukang becak yang menyadari bahwa ketia ia merokok hanya bisa mengayuh jarak dekat, namun setelah berhenti merokok rezeki semakin berlimpah karena ia mampu mengayuh jarak lebih jauh.

Terlebih adalah pegawai rokok yang berani berhanti dari pekerjaannya karena sadar bahwa selama ini dari setiap batang yang dihasilkan adalah dosa untuknya. Pegawai tersebut tidak takut kehilangan pekerjaan, karena ia lebih takut akan siksa Allah.

Cinta adalah motivasi terbesar; Saat seoang suami mengetahui istrinya hamil setelah 11 bulan pernikahan, ia berhenti merokok total karena ia tau, merokok dapat mengancam kehamilan istri dan calon bayinya.


Mendeskripsikan cinta itu gak rumit. Kalau ujung-ujungnya kecewa, yaudah bukan. Karena cinta tujuannya ke Allah. Udah itu aja. Titik gak pake koma; misal, pegawai pabrik rokok berhenti kerja karena dia takut semakin banyak dosa. Dia gak takut miskin. Udah. Sip!


Maa Syaa Allah

Aku sangat merekomendasikan buku ini pada seluruh generasi muda yang masih memiliki banyak harapan untuk masa depan agar tidak merusak impian kelak. Kemudian aku juga sangat merekomendasikan kepada para pendidik juga orang tua agar lebih memahami peran sebagai contoh dan kewajiban untuk mampu memahami pergaulan peserta didik atau anak-anaknya.

Buku ini sangat tepat dibaca para perokok yang belum memiliki motivasi kuat untuk berhenti, karena banyak kisah nyata orang yang menyesal  merokok bertahun-tahun lamanya. Akan lebih terasa pesannya jika langsung dari para korban yang sudah merasakan efek menyedihkan. In Syaa Allah setiap ceritanya tidak ada kebohongan. Bapak Fuad Baraja juga rajin menulis kisah nyata pasiennya di Facebook yang kemudian dikumpulkan menjadi buku yang kalian bisa dapatkan di berbagai toko buku atau bisa beli online di Pro-U Media.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar